banner 728x250 banner 728x250

Yusuf Apresiasi Rencana Bupati Bangun Penangkaran Buaya

SANGATTA, pelitapost.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Yusuf Silambi mengapresiasi rencana dari Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman terkait ‘penangkaran buaya’.

Menurutnya, rencana tersebut akan menguntungkan banyak sektor, seperti pariwisata, perekonomian dan UMKM serta perekrutan tenaga kerja besar-besaran.

“Kutim ini terkenal dengan buaya, misal seperti Sangatta Utara, Sangatta Selatan dan Bengalon. Saya rasa pemberitaan juga sudah banyak,” ucapnya, Selasa (6/12/2022).

Dari sektor pariwisata juga dinilainya sebagai peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), tentu akan banyak warga luar daerah yang akan melakukan kunjungan ke penangkaran reptil tersebut.

Untuk sektor perekonomian tentu saja masyarakat diperbolehkan untuk membuka atau berjualan di sekitar area penangkaran.

“Atau misal didaerah tersebut ada masyarakat yang mempunyai tanah, boleh membangun hotel misal untuk wisatawan luar daerah pasti banyak pemasukan,” ungkapnya.

Tak perlu mahal, Yusuf menerangkan jika masyarakat yang membuka peluang tersebut bisa mematok harga mulai dari Rp 100-150 ribu per malam, maka bisa di pastikan keuntungan yang di dapatkan pasti banyak.

Sama halnya dengan hotel, rumah makan juga pasti memiliki peluang yang sama, makanan khas Kutim atau rumah makan yang hanya menghidangkan satu menu.

“Misalkan nasi Padang, atau misal yang hanya menyediakan satu menu saja, ayam kampung goreng. Nah itu saja pasti ramai,” terangnya.

Sedangkan dari sektor perekrutan pekerja, mulai dari juru parkir, admin, penjaga loket, hingga pemandu tentu harus merekrut masyarakat lokal.

Dari situ saja sudah tergambar PAD yang masuk sangat besar. Menurut Yusuf keuntungan yang diraup masyarakat juga pasti banyak.

“Saat ini kan sudah dirancangkan bupati, dan hanya tinggal menunggu investor yang masuk. Mudah-mudahan bisa terwujud,” tandasnya.(AC)