banner 728x250 banner 728x250

Aplikasi SIAP KAWAL Mudahkan Layanan Adminduk Masyarakat Kutim

Sangatta – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kutai Timur meraih prestasi gemilang dalam mempermudah urusan administrasi kependudukan warganya. Sistem aplikasi Layanan Sistem Informasi Administrasi Pelayanan Kependudukan (SIAP KAWAL) berhasil membantu masyarakat dalam pengurusan Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Sejak diluncurkan pada November 2022, aplikasi SIAP KAWAL telah memproses 34.394 permohonan pengurusan Adminduk, membuktikan efektivitasnya dalam membantu warga dalam mengurus berbagai kebutuhan administrasi kependudukan.

“Kami bersyukur, banyak warga merasa puas dengan layanan online ini. Mereka kini dapat dengan mudah memperoleh dokumen yang diperlukan tanpa harus menunggu lama,” ungkap Kepala Dukcapil Kutai Timur, Jumeah, saat berada di Hotel Royal Victoria Sangatta pada Senin (21/8/2023).

Melalui aplikasi ini, layanan Adminduk seperti permohonan Kartu Keluarga, Surat Pindah, Akte Catatan Sipil, dan pengurusan perubahan status KTP dapat dilakukan secara daring, baik melalui perangkat hp android maupun laptop.

Jumeah menjelaskan bahwa proses ini juga dapat diakses mandiri oleh masyarakat. Sejauh ini, telah terdaftar 18.731 akun warga, 126 akun petugas registrasi desa, dan 18 akun petugas kecamatan.

Dengan adanya aplikasi ini, warga tidak perlu lagi mengunjungi Kantor Dukcapil Kutai Timur secara fisik untuk mendapatkan dokumen kependudukan. Mereka dapat dengan mudah mencetak dokumen yang diperlukan dengan sendirinya.

Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman, memberikan apresiasi atas prestasi ini. Menurutnya, langkah ini sangat berarti bagi masyarakat, terutama di daerah-daerah yang aksesnya sulit.

Prestasi ini memberikan komitmen Dukcapil Kutai Timur dalam memanfaatkan teknologi guna memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakatnya. Melalui SIAP KAWAL, administrasi kependudukan menjadi lebih efisien dan mendekatkan layanan kepada masyarakat, tanpa harus repot datang ke kantor.