banner 728x250 banner 728x250

696 Maba UT Samarinda Asal Kutim Jalani OSMB dan PKBBJ.

SANGATTA – Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBBJ) Universitas Terbuka (UT) Samarinda untuk wilayah Kutai Timur (Kutim) diikuti sebanyak 696 Mahasiswa baru (maba). Kegiatan dibuka langsung Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman di Ruang Meranti, Kantor Sekretariat Kabupaten Kutim, Sabtu (26/8/2023) pagi.

Kepala UPBJJ-UT Samarinda Rusna Ristasa mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kutim yang telah memberikan dukungan sehingga kegiatan OSMB dan PKBJJ bisa terlaksana dengan baik.

“Untuk semester ini, Mahasiswa baru UT Kaltim yang berasal dari Kutim sebanyak 696 Mahasiswa. sedangkam Mahasiswa UT yang berdomisili di Kaltim berjumlah 30.804 Mahasiswa. Ini merupakan sebagian kecil mahasiswa UT yang saat ini menurut data PDDikti sekitar 1 juta 108 ribu,” singkatnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Ardiansyah Sulaiman mengatakan bahwa UT merupakan salah satu pilihan yang utama bagi masyarakat untuk menempuh pendidikan strata 1, 2 dan 3. Salah satu buktinya adalah hampir 700 orang yang mendaftar di UT dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi diri.

“Ternyata tidak habis-habisnya orang untuk meningkatkan SDM dan mutu pendidikan pribadinya,” ucap Ardiansyah dihadapan Staf Ahli Bupati Kutim Sulastin, Perwakilan DPRD Kutim, Kadisdikbud Kutim Mulyono, Plt Kadisperindag Kutim Andi Nurhadi Putra, Kepala UPBJJ-UT Samarinda Rusna Ristasa dan tamu undangan lainnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa di UT banyak sekali kemudahan untuk menyelesaikan perkuliahan. Di antara kemudahan itu semuanya diserahkan kepada mahasiswa, mau belajar sambil berenang, mencangkul, bekerja di kantor, berkebun dan sebainya itu diperbolehkan. Tetapi ada etika pembelajarannya.

“Tapi yang patut kita syukuri, anak-anak kita dan kita semua sudah lulus untuk memanfaatkan IT di dalam proses belajar mengajar. Setelah kemarin sekolah 2 tahun lebih selama pandemi Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor UT Prof Ojat Darojat melalui video mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada mahasiswa baru di UT. Ia menjelaskan bahwa UT adalah pilihan yang tepat sebagai perguruan tinggi negeri jarak jauh pertama di Indonesia. Terus berusaha menjadi yang terbaik dan memberikan pendidikan yang berkualitas.

“Sekarang saudara menjadi bagian dari keluarga besar yang menjunjung tinggi kejujuran akademik, keluhuran pekerti, jiwa sosial dan nilai-nilai kemanusiaan. Didukung tenaga edukatif dan tenaga pendidikan yang luar biasa dan selalu siap membantu saudara selama kuliah,” ucapnya.

Terakhir, ia mengingatkan kepada mahasiswa baru untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan orientasi mahasiswa baru dan keterampilan belajar jarak jauh. Ia juga meminta untuk memanfaatkan layanan akademik yang tersedia seperti berbagai layanan belajar tutorial, UT TV, UT radio dan perpustakaan digital yang dapat diakses secara online.

“Saya berharap saudara dapat menjadi orang hebat seperti 1,8 juta alumni UT yang tersebar di tanah air dan manca negara. Bersama UT, semoga saudara sukses dalam studi, karir dan bermasyarakat,” harapnya.