banner 728x250 banner 728x250

Wabub Kasmidi Bulang Lepas Tim Cricket Kutim Berlaga di Ajang Internasional Bali Sixes

Sangatta, pelitapost.com – Kutai Timur Cricket Club yang atletnya memperkuat tim Porprov Kutim pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2022 di Berau akan mengikuti Kejuaraan Cricket Bali Internasional Sixes Putra (BISP) ke-26, yang akan digelar pada tanggal 7 – 9 April 2023 di Bali, dilepas secara simbolis oleh Wabup Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang, Senin (3/4/2023). .

Pelepasan digelar di Halaman Lobi Kantor Bupati Kutim, turut dihadiri oleh Asisten Pemkesra Seskab Kutim Poniso Suryo Renggono, Staf Ahli Bupati Kutim Roma Malau dan Sulastin, Ketua Umum KONI Kutim Rudi Hartono, Sekretaris Cricket Kutim Nasruddin dan Manajer Tim Cricket Kutim Ricky Yogie Lusanto.

Pada kesempatan itu, Wabup Kasmidi menyampaikan bahwa cabang olahraga (Cabor) Cricket, merupakan salah satu cabor penyumbang emas di Porprov VII Kaltim di Berau. Saat ini akan mengikuti Kejuaraan Cricket BISP bertaraf internasional di Bali. Menurutnya hal ini menjadi kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat Kutim.

“Bangga karena adik-adik mengharumkan nama kabupaten (karena terlibat) di ajang internasional. Namanya internasional sudah dipastikan pesertanya bukan hanya dari Indonesia. Ini menjadi suatu kebanggaan kalau nanti bisa memenangkan kejuaraan dan membawa pulang prestasi,” ucapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa ke depan akan ada program pendekatan ke sekolah-sekolah untuk melakukan pembinaan. Untuk kemudian nanti akan menjadi basic dari semua cabor yang ada di Kutim.

“Ketika kita butuhkan untuk level Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) sudah ada atletnya. Sehingga tidak perlu lagi pusing mencari atlet, karena sudah ada referensinya. Kita harapkan ada regenerasi dan ini juga menjadi kebanggaan bagi sekolah karena siswanya berprestasi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kutim Rudi Hartono mengingatkan kepada para atlet Cricket Kutim agar bisa menjaga nama baik Kutim. Dia berharap dengan keikutsertaan Kutim bisa memperkenalkan daerah di tingkat nasional maupun internasional.

“Saya ucapkan selamat kepada teman teman yang mau berangkat dan jangan lupa tetap jaga kesehatan. Mudah-mudahan meraih prestasi yang terbaik nantinya,” singkatnya.

Sebelumnya, Sekretaris Umum Cricket Kutim Nasruddin mewakili pengurus mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kutim, KONI Kutim, PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan Perumdam Tirta Tuah Benua (TTB) Kutim yang telah memberikan dukungan, sehingga atlet cricket Kutim bisa mengikuti Kejuaraan Cricket BISP ke-26.

“Tim yang kita kirim berjumlah 10 orang. Terdiri dari 1 manajer, 1 pelatih, 1 ofisial dan 7 orang atlet,” ucap Nasruddin didampingi Manajer Cricket Kutim Ricky Yogie Lusanto.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa atlet yang dikirim merupakan atlet lokal Kutim. Yakni atlet yang sebelumnya sudah mewakili Kutim di ajang Porprov VII Kaltim 2022 di Berau dan berhasil meraih 2 emas dan 1 perak.

“Atlet kita ini adalah atlet lokal. Ada dari Kecamatan Muara Ancalong, Kaliorang, Sangatta dan Kaubun. Alhamdulillah mereka juga terpilih untuk mengikuti seleksi pra PON dan seleksi nasional U-17 nantinya,” tambahnya.

Terakhir, ia juga menyampaikan bahwa Cricket BISP merupakan kejuaran yang pertama kali diikuti oleh tim Cricket Kutim. Untuk itu dia berharap doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Kutim agar bisa memberikan yang terbaik. Sehingga Kontingen Kutim bisa mengharumkan nama baik kabupaten di kancah internasional. (*/K)