banner 728x250 banner 728x250

Polres dan Jajaran Bersama Pemkab PALI Gelar Apel Pasukan Penanggulangan Karhutla

PALI, pelitapost.com-Jajaran Kepolisian Resort (Polres) PALI bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar apel pasukan di halaman Mapolres PALI Pada Kamis (26/02/23) pagi.

Gelar apel pasukan diikuti oleh berbagai personil  dalam rangka persiapan antisipasi atau Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) di wilayah Kabupaten yang berjuluk Bumi Serepat Serasan.

Adapun pejabat peserta apel gelar pasukan antara lain pemerintah Kabupaten PALI yaitu Drs H. Soemarjono,Kasat Samapta Polres Pali AKP Hermanto,A.Md, Kanit Turjawali Sat Samapta Polres Pali IPDA Hengki,Kasi Propam Polres Pali AKP Suryadi,S.I.P.,M.Si.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung
Kapolres Pali AKBP Khairu Nasrudin,S.I.K.,M.H, Danyon D Brimob Polda Sumsel diwakili IPDA Robianto,Waka Polres Pali KOMPOL Hardiman,S.H.,M.H, Kabag Ops Polres Pali, KOMPOL Edwin Aristianto ,S.E., S.I.K.,M.B.A.,M.M
Kapolsek Talang Ubi KOMPOL Darmawan,S.H, PJU Polres Pali,Danramil 0404-03 Talang Ubi PELDA Karyanto,
Kepala Damkar Kabupaten PALI, Ibrahim Cik Ading, Kasat Pol PP diwakili Sumarlin dan Plt Kepala BPBD Kabupaten PALI Muhamad Hidayat,S.P.,M.M.

Dalam kegiatan apel gelar pasukan penanggulangan Karhutla itu diikuti dari berbagai kesatuan, antara lain, Gabungan Staf, Sat Samapta, Bhabinkamtibmas, Brimob, TNI, Sat Pol PP, Damkar,                   BPBD, Dinas Kesehatan, Personil Manggala Agni, Gabungan PT, Tagana,                KPLT, pasukan terdiri satu peleton dari kesatuan masing-masing.

Selaku pimpinan apel, Wakil Bupati PALI menyampaikan agar seluruh personil apel serius dalam antisipasi dan penanggulangan Karhutla.

“Dalam kesempatan ini,perlu saya sampaikan bahwa musim kemarau di Wilayah Sumatera Selatan khususnya Kabupaten PALI ini akan mengalami masa dimana akan ditandai dengan terjadinya kebakaran hutan,dan lahan diwilayah hal ini tentunya perlu pencegahan dan penanganan yang serius dari satuan tugas Karhutlah sebagai bentuk tanggung jawab,”ujar Drs H.Soemarjono.

Lebih lanjut,Wakil Bupati PALI mengatakan bahwa ada beberapa tempat atau wilayah yang memiliki potensi terjadinya kebakaran,oleh karena itu dia menegaskan dengan dilaksanakan apel Gelar pasukan ini menandakan bahwa pasukan siap dan siaga dalam menghadapi bahaya dan dampak dari kebakaran hutan dan lahan.

Hal yang sama juga disampaikan Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin,S.I.K.,M.H,ia berharap dengan dilaksanakan Apel Gelar Pasukan di Mapolres PALI dan mengundang steakholder yang terkait agar dalam kegiatan penanggulangan Karhutlah dapat menyatukan tekad untuk saling bantu serta bahu-membahu dalam kesiapsiagaan bila ada kejadian Karhutlah khususnya di Kabupaten PALI.

“Maksud dan tujuan apel gelar pasukan ini juga guna untuk memastikan kesiapsiagaan Kabupaten Pali dalam menanggulangi Karhutlah sehingga setiap instansi dan stakeholder yang tergabung didalam Satgas Karhutla Kabupaten PALI dapat mempersiapkan segala sesuatunya seperti sarana dan prasarana serta sumber daya yang ada.”tutup Kapolres PALI. (Reza/Pali)