banner 728x250 banner 728x250

Kampung Bebas Narkoba di Kutai Timur: Langkah Terbaru dalam Perang Melawan Narkoba

Sangatta – Dalam upaya keras untuk mengatasi permasalahan penyalahgunaan dan peredaran narkotika di wilayahnya, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengambil langkah inovatif dengan meluncurkan Kampung Bebas Narkoba (KBN) di Desa Singa Gembara, Kecamatan Sangatta Utara. Peluncuran dilakukan pada Selasa, 22 Agustus 2023, menjadi simbol komitmen serius Bupati Ardiansyah Sulaiman dan pemerintahannya dalam memberantas narkoba.

Acara peluncuran KBN dipenuhi semangat oleh para pemimpin daerah dan tokoh penting, termasuk Bupati Ardiansyah Sulaiman, Wabup Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, serta sejumlah pejabat lainnya. Dalam momen tersebut, Bupati Ardiansyah Sulaiman secara resmi memukul gong sebagai tanda dimulainya program bersejarah ini.

Dalam pidatonya, Bupati Ardiansyah menggarisbawahi urgensi kerjasama pemerintah dan masyarakat dalam memerangi penyalahgunaan narkoba.

“Kita masih menghadapi tantangan dari mereka yang menjadikan narkoba sebagai mata pencaharian. Sebagai pemerintah, kita memiliki tanggung jawab untuk mencari solusi agar mereka dapat beralih menjadi bagian yang produktif dalam masyarakat,” Katanya.

Salah satu program unggulan yang diungkapkan Bupati Ardiansyah adalah pemberian dana sebesar 50 juta rupiah per RT. Dana tersebut akan digunakan untuk meningkatkan sektor ekonomi di setiap wilayah, dengan harapan dapat melibatkan warga yang belum memiliki pekerjaan.

“Kami ingin melibatkan warga dalam pelatihan-pelatihan yang kami adakan,” ujarnya dengan tegas.

Tak hanya itu, dalam upaya penegakan hukum terhadap kasus narkoba, Bupati Ardiansyah juga mengungkapkan rencana untuk mendirikan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) di Sangatta. Keputusan ini diambil berdasarkan data bahwa mayoritas tahanan di Lapas Bontang merupakan warga Kutai Timur. “Tahun depan, Lapas akan dibangun di Sangatta. Lahan dan desainnya sudah disiapkan,” tambahnya.

Selain itu, rencana pembangunan juga mencakup capaian Badan Narkotika Kabupaten (BNK), yang menjadi syarat penting dalam upaya menuju status Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kutai Timur. Bupati berharap pembangunan infrastruktur ini akan menjadi dukungan yang kuat dalam memerangi peredaran narkoba di Kutai Timur.

Dengan langkah-langkah tertentu seperti peluncuran Kampung Bebas Narkoba dan rencana pembangunan Lapas serta Kantor BNK, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur menunjukkan tekadnya dalam memberantas narkoba secara holistik dan berkelanjutan. Semua mata dihadapkan pada implementasi langkah-langkah ini dan harapannya untuk melihat peningkatan nyata dalam perang melawan narkoba di wilayah Kutai Timur.