banner 728x250 banner 728x250

Bukan Sekadar Gelar, Bunda PAUD Adalah Fungsi dan Tugas

MUARA ANCALONG – Usai mengukuhkan sembilan Bunda PAUD desa di Lamin Datun di Kecamatan Muara Ancalong, Sabtu (5/8/2023), Bunda PAUD Kutim Siti Robiah menyampaikan beberapa hal penting. Dia menegaskan bahwa jabatan Bunda PAUD yang disematkan bukan hanya sebagai gelar saja tetapi fungsi dan tugasnya harus dijalankan.

“Bahkan peran Bunda PAUD sangatlah strategis dalam membantu mendampingi serta terlibat dalam mewujudkan PAUD berkualitas,” kata Siti Robiah.

Dia menjelaskan ada beberapa peran Bunda PAUD yang harus segera dilakukan. Yaitu segera membentuk kelompok kerja (Pokja) Bunda PAUD mulai dari kecamatan hingga di desa. Sehingga segala kegiatan Bunda PAUD bisa berjalan dengan lancar. Selain itu harus bekerja sama dengan korwil pendidikan di wilayahnya masing-masing. Bersama mitra-mitra PAUD, tenaga profesional, dan para pelaku dunia usaha atau perusahaan.

Mendukung pelaksanaan layanan PAUD yang berkualitas sehingga dituntut harus selalu berkoordinasi dengan lembaga PAUD di sekitar desa masing-masing untuk berperan mendorong peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan PAUD. Tentu dengan hal itu, SDM di PAUD bisa lebih meningkat. Sehingga para guru bisa memberikan pelayanan pendidikan dengan menyenangkan bukan dengan pemaksaan.

“Alhamdulillah, Disdikbud Kutim telah melakukan Bimtek untuk guru tentang Kurikulum Merdeka dan Bimtek para guru tema transisi PAUD ke SD se-Kutim,” katanya

Terakhir memotivasi dan bersinergi dengan masyarakat, aparatur serta pemangku kepentingan lainnya demi mendorong suksesnya pencitraan generasi emas.(adv)