banner 728x250 banner 728x250

Anggota DPRD Kutim Sobirin Bagus : Penggunaan APBD Sebesar 40 Persen Oleh Pemda di Alokasikan untuk Infrastruktur Dinilai Terlalu Besar.

SANGATTA, pelitapost.com- Anggota DPRD Kutim Sobirin Bagus, menyebut, penggunaan APBD sebesar 40 persen oleh pemerintah daerah yang di alokasikan untuk pembangunan infrastruktur dinilai terlalu besar. Menurutnya, pembangunan infrastruktur memang penting sebagai salah satu upaya untuk percepatan pemerataan dan mengejar ketertinggalan pembangunan dengan daerah lain, namun, yang perlu di ingat, masih banyak program lainnya yang juga memerlukan perhatian oleh pemerintah.

“Kalau segitu (40 persen) terlalu besar lah, kalau 30 persen mungkin rasional,” ucap Sobirin menanggapi pernyataan Bupati Ardiansyah terkait alokasi APBD sebesar 40 persen dalam sambutan pada acara Fatayat NU di salah satu Hotel di Sangatta baru-baru ini

Sektor Pendidikan dan kesehatan, sambung Sobirin, juga sama pentingnya dan perlu perhatian oleh pemerintah, karena dua bidang ini (pendidikan dan kesehatan) juga menjadi salah satu indikator kemajuan pembangunan suatu daerah, selain pembangunan infrastruktur.

Disisi lain,dengan alokasi anggaran daerah tahun 2023 yang mencapai Rp 5,9 triliun dan menjadi sejarah baru bagi kabupaten yang saat ini berusia ke 23 itu, diharapkan pemerintah tidak gagap serta bisa membentuk tim pelaksana yang benar-benar mampu mengelola keuangan daerah ini dengan baik sesuai perundang-undangan dan mampu dipertanggung jawabkan.

“kerjasama yang baik dengan seluruh elemen, baik legislatif maupun eksekutif, serta OPD sebagai pelaksana kegiatan harus tetap terjalin, dengan harapan agar mampu menyerap anggaran dengan baik dan tentunya tepat sasaran,” pungkasnya.(Tj)