banner 728x250 banner 728x250

Tingkatkan Data Adminduk, Disdukcapil Kutim Siapkan 100 Ribu Blangko e-KTP

SANGATTA – Guna melayani pencetakan administrasi kependudukan menjelang Pemilu dan pemekaran desa, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur (Kutim), segera menyiapkan stok 100 ribu blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) atau e-KTP.

Kepala Disdukcapil Kutim Jumeah mengatakan persoalan blangko yang kosong di kantornya bakal segera teratasi. Ia mengatakan dalam waktu dekat ini bakal ke Jakarta untuk mengambil jatah blangko yang telah dihibahkan.

“Insyaallah dalam waktu dekat kami segera ambil, karena memang ada juga info dari pusat krisis blangko. Seperti tahun-tahun lalu di bulan Oktober dan November pasti kosong,” kata Jumeah saat diwawancarai tim Pro Kutim usai kegiatan Bimtek Siak operator kecamatan di Cafe Maloy Hotel Royal Victoria Sangatta, belum lama ini

Ia mengatakan anggaran blangko pun sudah dianggarkan dalam APBD murni ini, maka dari itu sudah ada jatahnya. Jadi sisa di ambil saja di Jakarta. Selain itu, Jumeah membeberkan jelang Pemilu pasti harus terpenuhi memang blangko itu. Belum lagi ada desa yang dimekarkan secara langsung mereka pasti mencetak KTP ulang. Semua sudah diantisipasi dan siap diselesaikan. Apabila blangko sudah ada, bakal disiapkan juga untuk kecamatan-kecamatan.

Penambahan blanko KTP-el ini diharapkan dapat mendukung kesuksesan gelaran Pemilu 2024 yang merupakan agenda strategis nasional. Sebagaimana diketahui, menunjukkan KTP-el merupakan syarat bagi pemilih agar bisa mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS) pada 14 Februari 2024 mendatang.(adv)