banner 728x250 banner 728x250

Serahkan Bendera Merah Putih Gratis, Kasmidi Bulang Kibarkan Semangat Nasionalisme

Sangatta – Semangat kemerdekaan semakin berkobar di Kota Sangatta menjelang Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78. Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dengan tulus membagikan bendera merah putih secara gratis kepada masyarakat, sebagai wujud komitmen untuk memupuk semangat nasionalisme.

Pada Jumat (11/8/2023), Jalan Ahmad Yani di Kota Sangatta menjadi pusat pembagian bendera. Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, memimpin upacara tersebut dengan diiringi oleh Forkopimda TNI-POLRI serta sejumlah kepala dan pejabat dari organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Kutim.

Kasmidi menyampaikan, “Kami bersyukur pada hari ini Kutim turut serta dalam membagikan bendera kepada masyarakat, terutama kepada para pengendara kendaraan roda empat dan roda dua.”

Dalam inisiatif mulia ini, Pemkab Kutim membagikan 1500 bendera secara cuma-cuma, bertujuan untuk menghidupkan kembali semangat nasionalisme di kalangan masyarakat menjelang hari besar Indonesia. Langkah ini diambil untuk memastikan keutuhan dan keberagaman tetap terpelihara dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Aksi pembagian bendera ini dilakukan secara khusus di Kota Sangatta, sementara di wilayah desa-desa dan kecamatan, Kasmidi menjelaskan bahwa instruksi telah diberikan untuk mengadakan beragam kegiatan yang menyemarakkan HUT RI ke-78.

“Olahraga tradisional, lomba, dan berbagai kegiatan lainnya telah kami rencanakan untuk memperingati hari kemerdekaan kita,” tegasnya.

Terkait sumber pendanaan, Kasmidi menunjukkan bahwa pemerintah daerah telah merancang kolaborasi dengan sektor swasta untuk memastikan dana yang cukup selama rangkaian perayaan HUT RI.

“Kami berharap dapat mengumpulkan dana dari pihak swasta guna mendukung kelancaran acara ini,” tandasnya dengan optimis.

Semangat kemerdekaan tak hanya diperlihatkan melalui bendera merah putih yang berkibar, namun juga melalui upaya konkret untuk menghidupkan semangat nasionalisme di hati setiap warga Kota Sangatta.