banner 728x250 banner 728x250

POLRES dan PEMKAB PALI SIDAK HARGA MIGOR DI PASAR

PALI, pelitapost.com – Jajaran Kepolisian Resort Penukal Abab Lematang Ilir bersama pemerintah kabupaten PALI cek harga dan stok minyak goreng di pasar Talang Ubi pada Senin Sore. (13/02/2023).

Dari penjelasan Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin.SIK.MH, melalui Kasat Intelkam Polres PALI IPTU Cahya Nugraha Minartama S.Tr.K.Bahwa hasil giat pengecekan harga dan stok minyak goreng dan minyak goreng merk MINYAKITA di beberapa toko di pasar Talang Ubi didapatkan keterangan bahwa di salah satu toko, Toko SENTOSA
Untuk minyak goreng Merk MINYAKITA saat ini kosong, sebelumnya pernah menjual minyak goreng merk tersebut di karenakan stoknya sedikit sudah habis terjual dan sampai saat ini tidak pernah lagi mendapatkan pasokan minyak goreng merk MINYAKITA.

“Saat ini stok dan harga minyak goreng curah dan kemasan yang ada di toko hanya minyak goreng curah 8 drum Rp. 16.000 .- perliter, minyak goreng merk Fortune kemasan 100 dus isi 24 pcs Rp.  17.000,- perliter dan minyak goreng merk tawon kemasan 5 dus isi 12 pcs isi 800 ml Rp. 9.000.”terang pemilik toko yang disampaikan Kasat Intelkam Polres PALI kepada media ini.

Selanjutnya di Toko JAYARI pasar Talang Ubi menerangkan pernah menjual Minyak Goreng Merk MinyaKita tetapi sudah lama, yang didapatkan melalui frelance yang datang ke toko dan telah melakukan pemesanan kembali akan tetapi sampai sekarang belum mendapatkan pasokan minyak goreng merk MinyaKita.

Saat ini stok minyak goreng curah kosong dan hanya ada minyak goreng kemasan yang di jual di toko, adapun harga minyak goreng kemasan sbb :

  • Merk Fortune kemasan stok 5 dus isi 24 pcs Rp. 17.000,- perliter;
  • Merk SIIP kemasan stok 50 dus isi 12 pcs Rp. 16.000 ,- perliter;
  • Minyak goreng merk MM stok 50 dus isi 12 Rp. 16.000,- perliter.

Sementara di Toko SKR pasar Talang Ubi menerangkan Saat ini stok minyak goreng curah stock 5 drum di jual dengan harga Rp. 16.000,- Per Kg dan minyak goreng kemasan yang ada di toko hanya merk Fortune kemasan stock 5 dus isi 24 pcs Rp. 17.000,- perliter, kalau untuk minyak goreng merk MINYAKITA terdapat stok sebanyak 10 dus isi 12 pcs di jual dengan harga Rp. 16.000 ,- perliter, Minyak goreng merk MINYAKITA tersebut di dapatkan dari kota prabumulih.

Kemudian di Toko SEDERHANA Pasar Talang Ubi menerangkan saat ini stok curah terdapat 40 drum di jual dengan harga Rp. 16.000,- perliter sedangkan untuk minyak goreng kemasan merk Fortune stok 100 dus isi 24 pcs di jual dengan harga Rp. 16.000,- perliter dan merk tawon stok 30 dus isi 24 pcs kemasan 500 ml di jual dengan harga Rp. 8.000 ,- per 500 ml,Sedangkan untuk minyak goreng merk MINYAKITA pernah di jualnya dengan harga Rp. 15.000,- akan tetapi saat ini sedang kosong.

“Selanjutnya dilakukan pulbaket dengan Saudara Nafsin selaku Staf Officer PT. Indomarco Adi Prima Kabupaten Pali bertempat di jalan Merdeka Kelurahan Handayani Mulya, di sana didapat keterangan bahwa Minyak goreng Merk MinyaKita kemasan 1 liter di jual dengan harga Rp. 12.600,- per 1 liter dan  dijual dengan harga Rp. 151.200,- perdus.

Untuk saat ini stok minyak goreng MINYAKITA ada 50 dus dalam tiap dus berisi 12 pcs 1 liter minyak tersebut mendapatkan kiriman dari Depo Kota Prabumulih, Minyak goreng merk MINYAKITA akan di distribusikan besok hari selasa 14 Februari 2023 di sekitaran pasar Talang Ubi,”papar Kasat Intelkam.

Lebih lanjut dia juga menambahkan kalau MINYAKITA adalah merk dagang untuk minyak goreng sawit yang dimiliki Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan dan telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia,

Giat pengecekan stok dan harga minyak goreng di Pasar Talang Ubi Pendopo selesai dilaksanakan dalam situasi aman kondusif, Hasil lidik dan pulbaket di beberapa toko di pasar Talang Ubi untuk stock minyak goreng merk MINYAKITA jumlahnya terbatas dan hanya terdapat beberapa toko yang menjual minyak goreng merk MINYAKITA,

Untuk peredaran minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan saat ini terpantau normal dan untuk stok mencukupi untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Pali,

Kasat Intelkam Polres PALI juga memprediksi Saat ini pasokan MINYAKITA minim di pasaran, diduga karena proses distribusi, dan banyak masyarakat yang beralih dari membeli minyak goreng premium ke MINYAKITA di mungkinkan hal tersebut berdampak pada kelangkaan minyak goreng merk MINYAKITA, dimungkinkan adanya oknum atau kelompok yang melakukan penimbunan minyak goreng merk MINYAKITA karena harganya yang murah untuk kepentingan mendapatkan keuntungan pribadi,

Terakhir Kasat Intelkam menjelaskan akan
Melakukan Pulbaket terhadap pedagang pasar, dan merekomendasikan Unit II Ekonomi Satuan Intelkam akan terus melakukan Deteksi terkait Ketersediaan Migor di Wilayah Kabupaten Pali guna mengantisipasi Panic Buying menjelang Bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Dia juga meminta Agar kiranya Satuan Reskrim Polres Pali dalam hal ini Unit Pidsus melakukan tindakan tegas terhadap pelaku apabila ditemukan adanya penyalahgunaan/penyimpangan dalam pendistribusian minyak goreng MINYAKITA. (Reza/Pali)