banner 728x250 banner 728x250

Pemkab Kutim Optimis Penyerapan Anggaran Berjalan Maksimal di Akhir Tahun

SANGATTA, pelitapos.com – Poniso Suryo Renggono Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekobang) Setkab Kutim, mengaku optimis serapan anggaran di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa di lakukan secara maksimal sampai dengan akhir tahun anggaran 2022 mendatang.

Poniso yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang (DPPR) ini, juga memprioritaskan untuk segera mengalokasikan anggarannya, diantaranya, Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Kesehatan serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga.

“Termasuk dana-dana, inflasi dan recofusing di masing-masing dinas, dan Insya Allha di akhir tahun anggaran ini bisa di maksimalkan penggunaanya,” imbuhnya.

“Memang rata-rata baru sampai di angka 65 persen namun ada juga yang masih di bawah, tapi perlu di ingat, karena masih proses lelang dan pengadaan yang masih dalam berjalan, ” ujar Poniso usai memimpin rapat kerja bersama OPD di Ruang Meranti Kantor Bupati Senin (14/11/2022).

Sedangkan, untuk realisasi pembangunan fisiknya, dirinya menyebut, sudah ada OPD yang mampu menyelesaikan hingga 90 persen, Poniso menambahkan, ada perbedaan pemahaman antara progress keuangan dan realisasi fisik, sehingga menimbulkan perbedaan angka prosentase capian.

“Tadi dalam rapat, seluruh kepala SKPD akan semaksimal mungkin, berupaya 100 persen menyelesaikan kegiatan sampai dengan akhir tahun ini (2022),” ujarnya.(*)