banner 728x250 banner 728x250

Mengukuhkan Semangat Merdeka: Kutim Rayakan HUT RI ke-78 dengan Penuh Makna

Sangatta – Semangat kemerdekaan masih berkobar di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), terbukti dengan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 yang berlangsung meriah di Halaman Kantor Bupati Kutim, Kamis (17/8/2023). Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Kutim, Kasmidi Bulang, yang turut mendampingi Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, sebagai Inspektur Upacara.

Kemeriahan peringatan tersebut tak hanya terbatas pada upacara bendera semata, namun juga melibatkan momen berharga bersama. Usai acara utama, Kasmidi Bulang bersama istri, Sang Istri Satriani, terlihat dalam sesi foto bersama Pejabat Kabupaten Kutim dan Unsur Forkopimda Kabupaten Kutim. Kegembiraan itu kemudian meluap saat mereka berfoto dengan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kutim 2023, menegaskan semangat patriotisme di kalangan generasi muda.

Dalam rangkaian kegiatan yang lebih luas, para hadirin juga menyaksikan siaran langsung Upacara HUT RI ke-78 di Ibukota Jakarta. Saat Presiden Joko Widodo memimpin acara tersebut, rasa persatuan semakin terasa mengalir di seluruh pelosok Kutim.

Tak hanya berbicara tentang peringatan hari besar, Kasmidi Bulang juga menyempatkan diri untuk berbicara dengan para awak media. Ia menyampaikan selamat kepada seluruh warga Indonesia, khususnya warga Kutim, atas peringatan 78 tahun kemerdekaan. Dalam pandangannya, Kabupaten Kutim diberkahi dengan berbagai kekayaan dan keragaman. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya menjaga potensi tersebut dengan sepenuh hati, dan mengelolanya dengan nurani, pikiran, dan tindakan yang bersinergi demi masa depan yang lebih cemerlang.

Sejalan dengan tema besar peringatan tahun ini, “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, Kasmidi Bulang percaya bahwa di bawah kepemimpinan Ardiansyah Sulaiman dan dirinya, semangat untuk membangun Kutai Timur akan terus berkobar. “Dengan momen bersejarah ini, kami di Kutim akan terus eksis dalam upaya pembangunan,” ujarnya penuh keyakinan.

Lebih lanjut, Wabup mengingatkan bahwa membangun daerah adalah tugas bersama, yang harus diemban oleh seluruh anak daerah, mulai dari pejabat hingga masyarakat biasa. Apresiasi pun diberikan kepada masyarakat yang ikut ambil bagian dalam upacara tersebut. Kasmidi Bulang berpesan agar semuanya bersatu dalam menunjukkan rasa kebanggaan dan cinta tanah air, sambil menjaga keharmonisan dan kedamaian.

“Dengan harapan bahwa di masa depan, aspirasi masyarakat akan terwujud melalui program-program pemerintah,” pungkasnya dengan semangat. Peringatan HUT RI ke-78 di Kutim bukan hanya sekedar acara seremonial, tetapi juga menjadi momentum untuk mengukuhkan semangat merdeka dalam langkah pembangunan yang lebih baik.