banner 728x250 banner 728x250

Kobexindo Beroperasi, Produksi Perdana Semen Singa Merah di Kutim

KALIORANG – Penyalaan obor api oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, Rabu (23/8/2023), menandai dimulainya produksi perdana semen Kobexindo di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Artinya Isran Noor baru saja meresmikan pabrik semen Singa Merah yang berada di Desa Selangkau Kecamatan Kaliorang. Pabrik tersebut dibangun oleh investasi Hongshi Holding dari Tiongkok. Momen ini menjadi sejarah baru yang ditunggu-tunggu.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan dengan berdiri dan berproduksinya pabrik semen ini diharapkan dapat mendorong pembangunan ekonomi di Kutim. Seperti penyerapan tenaga lokal, peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar, hingga mendorong perkembangan industri terkait dan manfaat sosial lainnya. Menurutnya multiplier effect wajib ada untuk masyarakat di ring 1 atau 2 perusahaan. Sehingga perusahaan mampu menunjukkan pengaruh ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Saya juga berharap interaksi tenaga kerja asing dengan masyarakat sekitar dapat berjalan dengan baik, selain itu regulasi mengenai tenaga kerja asing benar-benar diterapkan. Termasuk program CSR, saya harap juga bisa tepat sasaran seperti pada bidang infrastruktur, kesehatan hingga pendidikan,” terangnya.

Ia pun pada kesempatan berbahagia itu turut menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada Kobexindo. Karena telah turut andil berkontribusi mendukung percepatan perekonomian nasional. Selanjutnya juga sesuai dengan visi dan misi “Menata Kutim Sejahtera untuk Semua” yang diusung Pemkab Kutim.

Sedangkan Gubernur Kaltim Isran Noor saat peresmian mengatakan atas nama Pemprov Kaltim dirinya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Honghshi Holding dan PT Kobexindo Cement. Karena berhasil mewujudkan proyek pembangunan pabrik semen ini. Dia menyebut kolaborasi ini tidak hanya membawa manfaat ekonomi, tetapi juga menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kualitas infrastruktur.

“Serta membuka peluang bagi pengembangan komunitas di sekitar pabrik ini,” katanya disaksikan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wabup Kutim Kasmidi Bulang, Wakil Ketua dan Wakil GM Hongshi Grup Gua Qizhen, GM PT Sinima Xia Yi, jajaran Forkopimda Kutim dan sejumlah undangan yang hadir.

Ia menambahkan dengan kehadiran Kobexindo, ada investasi di Kutim dimana pabrik semen ini tidak hanya menjadi simbol pertumbuhan ekonomi, tetapi juga sebagai bukti nyata bahwa kerja sama lintas negara mampu menghasilkan dampak positif yang luar biasa bagi masyarakat.

“Jadi pabrik semen ini tidak hanya akan menjadi pusat produksi yang menghasilkan material penting untuk pembangunan, tetapi juga akan memberikan peluang bagi pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat setempat dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja sampai peningkatan perekonomian lokal. Kita akan melihat pertumbuhan dalam berbagai sektor terkait seperti transportasi, logistik dan layanan pendukung lainnya,” tegasnya.

Selanjutnya dengan segala potensi yang dimilikinya, pabrik semen ini juga memiliki tanggung jawab besar terhadap lingkungan sekitarnya. Dia menekankan pentingnya pengelolaan yang berkelanjutan, perlindungan lingkungan, serta penggunaan teknologi ramah lingkungan dalam seluruh proses produksi.

“Kita harus memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi tidak mengorbankan alam dan kesejahteraan generasi mendatang,” tutupnya.