banner 728x250 banner 728x250

Eric Siswoyo Dari Kutim Raih Penghargaan BKKBN

PALEMBANG – Pada Puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh BKKBN Pusat di Hotel OPI Mall Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), belum lama ini, ada prestasi membanggakan Yang ditorehkan warga Kutai Timur (Kutim). Dia adalah Eric Siswoyo perwakilan dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Kutim Yang berhasil meraih apresiasi dan penghargaan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting.

Adapun jenis penghargaan yang diraih adalah Juara Satu Tingkat Nasional Apresiasi Tenaga Lini Lapangan Terbaik Tahun 2023 Kategori Petugas Lapangan KB Non ASN. Turut hadir mendampingi saat menerima penghargaan, Ketua TP PKK Kutim Siti Robiah dan Plt DPPKB Kutim Ronny Bonar H Siburian.

Dikonfirmasi setelah menerima penghargaan, Eric Siswoyo merasa bangga dan bersyukur atas prestasi yang didapatkan. Selain itu, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan yang telah diberikan sehingga bisa meraih penghargaan tersebut.

“Tentunya ini juga menjadi kebanggaan bagi Kutim bisa meraih Juara Satu Apresiasi Tenaga Lini Lapangan Terbaik Tahun 2023,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa meskipun pendidikannya berlatar belakang sebagai perawat, namun ia ditugaskan sebagai petugas lapangan Keluarga Berencana (KB) di Kecamatan Muara Wahau.

“Saya membina 3 desa yaitu Desa Muara Wahau, Nehas Liah Bing dan Dabeq. Di antara ketiga desa itu, saya fokuskan untuk kampung KB yaitu Desa Dabeq yang sudah berdiri dari tahun 2018,” jelasnya.

Terakhir, ia berharap ke depan Kutim bisa meraih lagi prestasi-prestasi yang lebih baik. Terutama bagi penyuluh KB yang ada di Kutim.

Prestasi yang didapat Eric kali ini turut diapresiasi Plt Kepala DPPKB Ronny Bonar Hamonangan Siburian dan Ketua TP PKK Kutim Ny Hj Siti Robiah yang hadir di lokasi acara. Ronny berharap capaian prestasi Eric dapat memginspirasi insan lainnya di Kutim. Untuk bisa terus memberikan yang terbalik bagi daerah.

“Sehingga peningkatan kesejahteraan keluarga melalui program Keluarga Berencana dapat terimplementasi dengan balik,” kata Ronny yang datang mewakili Bupati untuk puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke-30 Tahun 2023 di Lapangan Upacara, Kabupaten Banyuasin, Sumsel.

Di Palembang, Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tantangan bonus demografi yang Indonesia miliki sisa waktu 13 tahun lagi, sehingga perlu penyiapan generasi yang tidak stunting demi mewujudkan Indonesia Emas.

“Kalo mau hamil, BKKBN memberi batas 35 tahun, tren menikah di Indonesia mundur, yang terlalu tua naik, yang terlalu muda turun pesat, belum lagi angka perceraian yang tinggi, kami titip kepada bapak ibu, bagaimana membangun SDM melalui kegiatan Bangga Kencana, BKKBN mempunyai tugas membangun keluarga yang berkualitas. Saya ucapkan selamat kepada penerima penghargaan, partisipasinya luar biasa dalam program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting” ungkap Hasto.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan I Made Yudhistira Dwipayama dalam laporan menyampaikan bahwa terdapat 15 komponen dalam BKKBN Pusat telah menyelenggarakan lomba-lomba sesuai dengan tupoksi dari masing-masing komponen.

“Tentunya kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi, terutama semangatnya untuk mengikuti seluruh rangkaian perlombaan,” jelas Made.(adv)