banner 728x250 banner 728x250

DP3A Kutim Gelar Kegiatan Konseling Teman Sebaya di Kalangan anak SMA/SMK Sederajat.

SANGATTA, pelitapost.com- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mulai menggelar kegiatan konseling teman sebaya di kalangan anak-anak SMA/SMK sederajat.

Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah anak-anak remaja khususnya di Kutim dari kenakalan remaja.

Dimana, setelah kegiatan tersebut, siswa diharapkan agar dapat membiasakan diri untuk melakukan hal-hal yang positif.

“Oleh karena itu timbulah ide mengadakan kegiatan konseling sebaya, jadi biasanya anak-anak kan kalau ada masalah cenderung curhatnya ke temannya, nah ini diharapkan teman yang dicurhati bisa memberikan solusi,” ulasya.

Hal itu juga mencegah tindakan bullying hingga kekerasan pada tingkat remaja. Selain di SMAN 1 Sangatta Utara, pihaknya juga akan menggelar konseling sebaya di beberapa sekolah lainnya, seperti SMAN 1 Sangatta Utara dan SMKN 1 Sangatta Utara.

Kegiatan konseling sebaya dimulai dengan menyasar anak-anak SMAN 1 Sangatta Utara. Kegiatan tersebut diadakan oleh DP3A Kutim bekerja sama dengan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Permata Kutim.

“Kami bekerja sama dengan Puspaga untuk mengisi acara konseling teman di SMAN 1 Sangatta Utara,” ucap Kepala DP3A Kutim, Aisyah melalui Plt. Kabid Kualitas Hidup Perempuan, Kualitas Keluarga Data dan Informasi, Adji Farmila Rachmi kepada media, Kamis (3/11/2022).

“Sasaran kami ialah anak-anak remaja di tingkat SMA/SMK sederajat, karena kegiatan tersebut sesuai dengan usianya anak SMA/SMK,” pungkasnya. (*)