banner 728x250 banner 728x250

Disdikbud Kutim Gelar Bimtek Tahap III Perencanaan Berbasis Data

Sangatta – Dinas pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud) Kabupaten Kutai Timur, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Peranan Satuan Pendidikan terkait laporan berbasis data yang efektif,akuntabel dan konkrit.

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Achmad Junaidi, mengatakan kegiatan Bimtek ini digelar berdasarkan regulasi PP Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan dan Pemendikbudtistek Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Evaluasi Sistem Pendidikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, terhadap Pendidikan anak usia dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

“Perencanaan Berbasis Data ( PBD) bertujuan untuk memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran serta pembenahan sistem pengelolaan Satuan Pendidikan yang efektif, akuntabel dan konkrit,”ujarnya. di Hotel Selyca Samarinda, Kamis ( 16/11/2023 ).

Menurutnya PDB ini difokuskan untuk turut mengidentifikasi masalah yang berasal dari data pada flatfrom Rapor Pendidikan untuk melakukan tiga langkah sederhana yakni identifikasi, refleksi dan benahi,” katanya.

Memaksimalkan Peranan Satuan Pendidikan dalam laporan Perencanaan berbasis data ( PBD), Ahmad Junaidi bilang, salah satunya dengan menggelar kegiatan Bimbingan Teknis ( Bimtek) PBD Satuan Pendidikan Tahap III

Gelaran itu dibuka Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disdikbud Kutim, Achmad Junaidi, mewakili Kepala Disdikbud Kutim Mulyono. Didalam Kegiatan Bimtek ini mengundang narasumber yang sangat berkompeten dibidangnya, salah satunya dari Direktur Trustco dr Yuliansyah dan diikuti oleh seluruh peserta Perwakilan Satuan Pendidikan Se- Kutim.