banner 728x250 banner 728x250

Cukup di Kecamatan, Masyarakat Ranpul Bisa Rekam dan Cetak e-KTP

RANPUL – Peluncuran perdana pelayanan perekaman dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kantor Kecamatan Rantau Pulung (Ranpul) langsung disaksikan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat melakukan lawatan kerja, Selasa (1/8/2023).

Kepala Disdukcapil Kutim Jumeah melaporkan, tujuan dari pada terpenuhinya alat perekaman dan pencetakan KTP di Kecamatan Ranpul adalah agar memberikan kemudahan bagi masyarakat dari segi waktu dan biaya.

”Selain itu juga agar masyarakat tidak dimanfaatkan oleh pihak lain yang katanya membantu pengurusan dokumen kependudukan yang notabene malah dipungut biaya pengurusan yang bervariatif jumlahnya yang mana bapak ibu ketahui bahwa pengurusan dokumen Adminduk itu tidak dipungut biaya alias gratis,” urainya.

Ditambahkan Jumeah, dengan dibukanya pelayanan Adminduk di Kecamatan Ranpul menambah jumlah kecamatan yang sudah bisa melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP.

“Sebelumnya sudah dilakukan di Kecamatan Long Mesangat, Batu Ampar dan kecamatan lainnya,” singkatnya.

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi progres layanan Kependudukan kali ini. Menurutnya program kependudukan Pemkab Kutim yang dilaksanakan melalui Disdukcapil ini semata-mata untuk memudahkan pelayanan adminduk bagi masyarakat.

“Hari ini kita melakukan launching perekaman dan pencetakan e-KTP di Ranpul,” sebut Ardiansyah disaksikan Wakil Ketua II DPRD Arfan, Kepala DPMDes Kutim Yuriansyah, Plt Asisten Admum Didi Herdiansyah, Kepala Disdukcapil Jumeah dan beberapa perwakilan OPD yang hadir.

Disampaikan Ardiansyah, pelayanan perekaman dan pencetakan e-KTP di kecamatan sangat dinantikan masyarakat. Setelah ini, warga Ranpul tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke Sangatta untuk melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP, cukup di kecamatan dan pelayanan ini gratis tidak dipungut biaya.

“Tidak perlu lagi datang ke calo dan tolong dihindari, lengkapi saja persyaratannya antar ke kecamatan,” kata Ardiansyah mengingatkan.(adv)