banner 728x250 banner 728x250

Bupati Pastikan, Pemkab Kutim Perhatikan Keselamatan Petugas Pemilu

SAMARINDA- Usai mengikuti Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), di Ballroom Hotel Mercure, Samarinda, Rabu (30/8/2023), Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman memyimpulkan bahwa pertemuan dimaksud sangatlah penting.

“Hal penting yang diperingatkan kepada semua pihak adalah pemilu serentak bisa berjalan baik, aman, tertib dan menghasilkan sesuatu yang positif bagi masyarakat. Demokratis bagi semua pihak,” sebut Ardiansyah didampingi Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan Basuki Isnawan.

Satu hal yang ditekankan dalam Rakor menurut Ardiansyah adalah semua pihak diminta terlibat menyukseskan Pemilu Serentak tahun depan. Termasuk seluruh organisasi kemasyarakat yang ada. Apalagi esensi dari Rakor ialah pembinaan dan pemberdayaan Ormas untuk mendukung sukses pemilu serentak 2024.

Ardiansyah menegaskan kembali berkumpulnya semua unsur Forkopimda se-Kaltim, Ormas, tokoh masyarakat serta penyelenggara pemilu menjadi sangat penting. Untuk menyatukan visi misi menyukseskan pesta demokrasi di Indonesia, Kaltim khususnya.

“Untuk itu Pemkab Kutim mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kaltim dan para pihak lainnya,” tambahnya.

Sedangkan terkait arahan pembinaan Ormas untuk turut terlibat menyukseskan pemilu, Ardiansyah menyebut akan memaksimalkan peran Badan Kesbangpol Kutim supaya lebih menyosialisasikan informasi dari Rakor Forkopimda se-Kaltim ini kepada Ormas lainnya.

“Alhamdulillah pada pertemuan ini Ormas juga hadir. Nanti kita akan sampaikan hasil dari pertemuan ini melalui Badan Kesbangpol. Agar Ormas juga turut serta menyukseskan Pemilu,” jelas Ardiansyah yang mengenakan kemeja batik.

Terkait dukungan Pemkab Kutim terhadap pelaksanaan pemilu nanti, Bupati menjelaskan bahwa pemerintah sangat memperhatikan keselamatan dan kesehatan para insan penyelenggara pemilu. Nah, untuk meningkatkan keselamatan penyelenggara pemilu tersebut, Pemkab Kutim sudah memprogramkan pemberian aauransi. Agar nanti tak sampai terjadi lagi kejadian meninggalnya penyelenggara pemilu saat pelaksanaan pemungutan suara. Aauransi bakal diberikan kepada PPK, PPS sampai petugas TPS.

Terakhir Ardiansyah berharap pemilu serentak 2024 terlaksana dengan sukses, masyarakat dapat menyalurkan hak suaranya. Prosesinya berjalan lancar, menghasilkan pemenang pemilu yang sesuai harapan serta situasi keamanan tetap kondusif.