banner 728x250 banner 728x250

Bupati Kutim Lantai 9 BPD di Bengalon

BENGALON – Selasa (15/8/2023), Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman melantik 9 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masa bakti 2023-2029 di Kecamatan Bengalon. Pelantikan dilaksanakan di Kantor Desa Tepian Langsat, Kecamatan Bengalon. Adapun 9 BPD itu ialah BPD Sepaso, Sepaso Selatan, Sepaso Barat, Sepaso Timur, Sekerat, Muara Bengalon, Keraitan, Tebang Lembak dan Tepian Langsat.

Kepala DPMDes Kutim Yuriansyah berpesan kepada seluruh BPD yang telah dilantik untuk selalu bersinergi dalam pembangunan desa. Kemudian lakukan hal yang positif agar tak merugikan desa masing-masing. BPD itu adalah mitra kerjanya kepala desa yang selalu memberikan masukan dan pendapat.

“Karena BPD itu badan permusyawaratan yang menampung aspirasi masyarakat,” tegasnya.

Ditambahkan Yuriansyah, seharusnya BPD di Kecamatan Bengalon ini dilantik ada 11 dari sebelas desa. Tetapi yang dilantik hanya 9 BPD karena dua desanya belum melaksanakan pemilihan. Tak lupa ia mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus BPD yang dilantik.

“Semoga bisa melaksanakan tugas dan fungsi yang sudah diemban,” singkatnya.

Sementara, Bupati Ardiansyah Sulaiman pada kesempatan itu mengajak seluruh pihak di desa untuk membranding seluruh produk masing-masing desa. Tujuannya agar bisa dikenal lebih luas dan diminati konsumen.

“Karena itu merupakan persiapan kita dalam menyambut IKN dan di Indonesia Emas Tahun 2045,” katanya.

Ia mengatakan, tugas pasti berat tetapi bangsa Indonesia memiliki banyak pemahaman. Salah satunya peribahasa berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Itu artinya menunjukkan dengan kebersamaan dapat menyelesaikan segala persoalan. Ditegaskan oleh Ardiansyah, para anggota BPD yang telah dilantik adalah partner kerja kepala desa. Kemudian bagi Anggota BPD yang sudah pernah menjabat dan terpilih lagi, harus memberikan ilmunya kepada yang lain.

“Untuk secara bersama-sama melaksanakan tugas pembangunan di desa,” ucap orang nomor satu di Pemkab Kutim itu.

Sementara bagi anggota yang baru duduk di kepengurusan BPD, harus bisa segera berakselerasi belajar untuk membersamai kepala desa. Menjadi partner dalam bekerja, penyambung lidah rakyat dalam membangun dan mensejahterakan desa.

“Jangan bekerja menggunakan ilmu kirologi atau kira-kira. Itu bahaya. Lakukan koordinasi dan kemitraan yang baik antar kepala desa dan BPD,” pinta Ardiansyah.

Acara itu juga dirangkai dengan peresmian Rumah Adat, Kantor BPD Tepian Langsat dan beberapa fasilitas lain. Tampak menyaksikan pelantikan Wabup Kasmidi Bulang, Plt Asisten Admum Didi Herdiansyah, Kepala DPMDes Yuriansyah, Camat Bengalon Suharman, Kades Tepian Langsat Zeky Hamzah, unsur muspika, perwakilan perusahaan sekitar, para kades dan undangan lainnya.