banner 728x250 banner 728x250

Bupati Ardiansyah saat meresmikan Jembatan Bailey Desa Bukit Harapan Kecamatan Kaliorang.

KALIORANG, pelitapost.com – Belum lama ini Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman meresmikan Bailey di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Kaliorang. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati. Masyarakat Kecamatan Kaliorang khususnya Desa Bukit Harapan dan sekitarnya merasa bersyukur dan bahagia, pasalnya jembatan yang sudah lama dinantikan akhirnya selesai dan diresmikan.

Camat Kaliorang Rusnomo menjelaskan bahwa jembatan sebelumnya dibangun pada tahun 1987 silam. Merupakan penghubung Desa Bukit Harapan dan desa lainnya. Jembatan ini menjadi semakin penting, karena di Kaliorang khususnya Desa Selangkau dan Kaliorang memiliki banyak objek wisata yang perlu dikembangkan, sehingga keberadaannya sangat diperlukan.

“Alhamdulillah pada hari ini Jembatan Bailey sudah diresmikan Bapak Bupati Kutim sehingga sudah bisa kita gunakan untuk aktivitas,” ucapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan progres pembangunan jalan multiyears. Dalam waktu dekat akan direalisasikan oleh Pemkab Kutim. Dia meminta masyarakat Kecamatan Kaliorang bersabar karena kondisi jalan sekarang yang masih banyak berlubang.

Terakhir, ia mengucapkan terima kasih kepada manajemen perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Kaliorang karena telah membantu pembangunan jalan di Kecamatan Kaliorang.

Sedangkan Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman menjelaskan bahwa Kecamatan Kaliorang dulunya merupakan sebuah desa dari Kecamatan Sangkulirang. Menjadi tujuan transmigrasi sekitar tahun 1984 yang masih berada pada wilayah Kabupaten Kutai sehingga pembangunan pada saat itu menjadi prioritas. Dengan keputusan itulah maka Kementerian Transmigrasi membangun Satuan Pemukiman (SP) dengan segala daya dukungnya seperti jalan dan jembatan.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa hampir semua jembatan yang ada di Kecamatan Kaliorang masih berstatus jembatan transmigrasi. Sejak dibangun dan sampai sekarang baru beberapa yang diganti menjadi jembatan permanen.

“Walaupun Jembatan Bailey Bukit Harapan ini sudah terganti namun masih sifatnya sementara. Tapi jangan takut meskipun sementara jembatan ini kuat. Berton-ton di atasnya masih aman,” jelasnya dihadapan Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan, Kepala DPMDes Yuriansyah, Kepala DPUPR Kutim Muhir, Camat Kaliorang Rusnomo, Forkopimcam, para kepala desa, Majelis Taklim dan undangan lainnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa di tahun 2023 ini, Kecamatan Kaliorang mendapatkan program multiyears peningkatan Jalan Simpang 4 Kaliorang – Simpang 3 Bangun Jaya sejauh 8 kilometer.

“Saya harapkan nantinya masyarakat memanfaatkan jalan ini dengan sebaik-baiknya,” harapnya.(adv)