banner 728x250 banner 728x250

Andi Baso Mangkunari Pelajar Sandaran Jadi Paskibraka HUT RI ke-78

Sangatta – Menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) saat perayaan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tentunya menjadi impian bagi setiap pelajar ditanah air.

Para pelajar akan bangga karena bertugas mengibarkan sang merah putih pada momen yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Seperti yang dirasakan oleh Andi Baso Mangkunari (18), yang merupakan pelajar kelas XII-IPS di SMA Negeri 1 Sandaran  kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Andi Baso Mangkunari, buah hati pasangan H. Abbas Petta Sandre dan Nur Intang halijatang, terpilih menjadi Paskibraka tingkat Kabupaten Kutim tahun 2023.

Tergabung dalam kelompok 17 saat mengibarkan sang merah putih pada upacara peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung di Lapangan Kantor Bupati Kutim, pada Kamis, 17 Agustus 2023 dengan inspektur upacara Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.

“Alhamdulillah saya sangat bangga bisa terpilih dan dapat mengibarkan sang merah putih dengan sempurna. Antara senang dan deg-degang, karena momen ini dilihat orang banyak dan menjadi pusat perhatian,” beber Andi Baso Mangkunari.

“Ini momen manis dan tentunya membanggakan, karena dari ratusan yang daftar termasuk dari Kecamatan Sandaran dua orang, hanya saya yang lolos seleksi menjadi Paskibraka tingkat Kabupaten,” sambungnya.

Terkait peran orang tua, Andi Baso Mangkuri mengaku bangga bisa memiliki orang tua yang sangat mensuport  impiannya, termasuk saat mengikuti seleksi dan lolos menjadi Paskibraka tingkat kabupaten. “Keduanya sangat mendukung saya,” paparnya.

Kebanggaan itu bukan hanya dirasakam oleh anggota Paskibraka, namun juga turut dirasakan oleh orang tua Andi Baso Mangkuri. “Sangat bangga melihat putra kami. Ini tentu menjadi moment bersejarah bagi dirinya maupun keluarga,” bebernya. Disinggung mengenai cita-citanya, pelajar kelas XII-IPS yang hobi naik motor trail itu, mempunyai keinginan untuk menjadi abdi negara. “Kalau ada rejeki, saya pengennya masuk jadi anggota Polri,” singkat Andi Baso Mangkunari. (adv)