banner 728x250 banner 728x250

Air Siap Minum yang Hemat Energi, Pegawai Minum Langsung Air olahan PERUMDAM Kutim

Pelitapost.com KUTAI TIMUR – Pegawai di PERUMDAM Air Minum Tirta Tuah Benua Kutai Timur (PERUMDAM Kutim) kini  minum langsung air hasil olahan dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kabo melalui proses filter air RO (Reverse Osmosis) sejak akhir Februari lalu, puluhan pegawai dari divisi Laboratorium, divisi Perawatan dan divisi Produksi IPA Kabo rutin mengkonsumsi air bersih tersebut guna memenuhi kebutuhan cair tubuh sehari-hari.

Asisten Manajer Laboratorium Endah Budi L mengatakan, air yang diminum tiap hari itu merupakan air murni pengolahan IPA Kabo. Air yang telah diolah disambungkan langsung ke Filter Air Reverse Osmosis (RO). Kemudian bisa langsung dinikmati layaknya seperti air galon yang dijual dilingkungan warga.

“Rasanya seperti air pada umumnya. Bahkan karena olahan sendiri. Kita kan yang langsung cek proses pengolahan airnya, kandungan mikronya. Jadi makin tenang, aman. Pokoknya air olahan sendiri tidak kalah dengan air yang bermerk,” tutur wanita berhijab ini dengan nada penuh semangat.

Endah mengungkapkan, semenjak adanya air langsung minum ini. Staf tidak pernah lagi beli air kemasan. Jadi mereka bisa lebih hemat dan tidak perlu repot keluar kantor untuk beli air minum jika kehabisan.

“Tidak pernah lagi beli air galon. Semua jadi lebih hemat sekarang, ” ucapnya sembari memperlihatkan ruangan kerja yang bersih dari botol plastik dan galon.

Perasaan aman juga diungkap Asisten Manajer Perawatan Teknik Daniel Linggi, saat mengkonsumsi air dari IPA kabo langsung. Tiap hari minum terasa nyaman. Tidak ada rasa yang aneh-aneh. Membuat perasaan lebih tenang dan tidak ragu saat meminumnya.

“Sekarang air kami jadi sumber air minum kami disini sudah,” ujarnya sambil sesekali memperhatikan layar ponsel di tangannya.

Kegiatan minum air produksi pengolahan IPA Kabo ini telah berlangsung kurang lebih 8 bulan. Saat tersambungnya air IPA Kabo ke Filter RO tanggal 26 Februari 2023 lalu. Kini pegawai rutin mengambil air menggunakan botol minum pribadi dan galon. Adapun kran air minum itu terpasang di ruang divisi Laboratorium dan di ruang divisi Perawatan Teknik dilingkungan IPA Kabo, Jalan Papa Charlie, Kabo Jaya, Kecamatan Sangatta Utara. (Sy)