banner 728x250 banner 728x250

15 Kelompok Nelayan Terima Bantuan Perlinsos 163 Mesin Ketinting

SANGATTA , pelitapost.com – Kepala Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kutim Suriansyah mengatakan, bantuan untuk 15 kelompok nelayan dari 7 kecamatan di Kutim merupakan bantuan pelindungan sosial (perlinsos).

“Bantuannya sebanyak 169 mesin ketinting 13 pk/hp dan has,” sebut Suriansyah dihadapan Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang, Camat Sangatta Utara Hasdiah, Camat Sangatta Selatan Vita Nurhasanah, Ketua KTNA Kutim Suherman sebagai perwakilan kelompok nelayan dari 7 kecamatan, jajaran DKP Kutim dan undangan lainnya.

Di Kantor DKP Kutim yang menjadi lokasi penyerahan bantuan, Suriansyah lebih jauh menjelaskan, bantuan terbagi di tujuh kecamatan, untuk 15 kelompok nelayan tradisional yang masih banyak yang menggunakan perahu dayung dengan alat tangkap yang sederhana.

“Untuk meningkatkan efektivitas dan optimalisasi pelaksanaan program peningkatan ekonomi nelayan Kutim. Ini tidak terlepas dari tujuan meningkatkan taraf hidup nelayan perairan umum sungai di tengah tujuh wilayah kecamatan,” jelasnya.

Kemudian disampaikan, 15 kelompok nelayan yang menerima bantuan adalah Kelompok Nelayan Kuda Laut dari Sangatta Utara mendapat 10 unit. Kelompok Nelayan Muara Tabuan, Bintang Laut dan Mutiara Laut dari Sangatta Selatan menerima total 34 unit. Kelompok Nelayan Sipatuo dari Bengalon menerima 11 unit.

Kelompok Nelayan Setia Kawan, Lobster, Barokah dan Mangrove Indah dari Sangkulirang menerima 40 unit. Kelompok Nelayan Kerapu Manubar, Barakuda Manubar dan Lumba-lumba Manubar dari Sandaran menerima 35 unit. Kelompok Nelayan Danau Kepa dan Titian Bungur dari Muara Bengkal mendapat 29 unit. Terakhir Kelompok Nelayan Good Serkit Mandiri asal Muara Ancalong mendapat 10 unit. (*)