banner 728x250 banner 728x250

11 Imbauan Salat Idulfitri 1444 H di Masjid Agung Al Faruq

SANGATTA, pelitapost.com – Untuk ketertiban, kelancaran dan khidmatnya proses ibadah Idulfitri 1 Syawal 1444 H, pengurus Masjid Agung Al Faruq mengimbau kepada jamaah untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Mengingat jumlah kaum muslimin Sangatta yang hendak mengikuti salat id di Masjid Agung Al Faruq cukup banyak.

Dengan mempertimbangkan kapasitas Masjid Agung yang mencapai 12.000 jamaah di lantai satu dan lantai dua hingga lobi utara, selatan dan timur (utama). Kapastias dapat bertambah bila mencapai plasa utara dan plasa selatan.

Pertama, dianjurkan kepada jamaah bagi berencana salat di Masjid Agung agar berangkat lebih awal, setelah selesai salat subuh lebih baik, salat id akan dimulai pukul 07.00 Wita.

Kedua, dengan kapasitas yang demikian besar, salah satu problem adalah penumpukan antrian di tempat wudhu. Disarankan jamaah berwudhu dari rumah, sesampai di masjid yang batal wudhu dapat berwudhu kembali, yang masih memiliki wudhu bisa langsung memasuki masjid dan mengambil shaf sesuai arahan petugas.

Ketiga, selama perjalanan agar mematuhi tata tertib lalu lintas, memperhatikan batas kecepatan dan melengkapi persyaratan lain seperti menggunakan helm standar bagi yang bersepeda motor dan sabuk pengaman (seat belt) bagi kendaraan roda 4 atau lebih, memperhatikan keselamatan sebagai kebutuhan, tidak ada istilah saat hari raya sebagai hari bebas dari aturan keselamatan berkendara.

Keempat, sesampai di area sekitar Masjid Agung Al Faruq agar memarkirkan kendaraan sesuai arahan petugas, ada petugas LLAJ dan Satlantas akan membantu mengarahkan parkiran agar tertib rapi dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

Kelima,bagi yang memasuki area Masjid Agung melalui parkir barat, agar memasuki masjid dari arah selatan, mengingat plasa selatan (area manasik haji) memiliki kapasitas 2,5 kali jumlah tampungan jamaah dibanding plasa utara yang masuk via gerbang bundaran Km 0 (Menara 99) dan mohon kerja samanya agar mengikut arahan petugas.

Keenam, perhatikan barang bawaan anda seperti ponsel, dompet, tablet dan barang berharga lainnya, amankan barang bawaan anda, pihak Masjid Agung tidak bertanggung jawab bila terjadi kehilangan.

Ketujuh, hendaknya berbusana sesuai dengan ajaran agama Islam menutup aurat sejak dari rumah, baik laki-laki maupun perempuan.

Kedelapan, kumandangkan takbir selama perjalanan hingga salat id dimulai, dan memperhatikan sunnah lainnya seperti minum atau makan ala kadarnya sebelum berangkat sebagai tanda afthir (mengakhiri berpuasa di bulan Ramadan), bagi yang memiliki alternatif jalur berangkat dan pulang dianjurkan berangkat dan pulang di rute yang berbeda.

Kesembilan, ikuti salat id hingga khutbah id selesai, siapkan infaq terbaik anda.

Kesepuluh, membawa kantong untuk mengamankan alas kaki (sandal/sepatu) demi kelancaran saat proses perpulangan.

Kesebelas, hari pelaksanaan salat menyesuaikan keputusan sidang isbath Kementerian Agama Republik Indonesia pada Kamis, 29 Ramadan 1444 H/20 April 2023.

“Semoga Allah menerima seluruh amal ibadah kita dan menjemput kemenangan dengan ampunan yang sempurna dari Allah SWT,” ujar Takmir Masjid Agung Al Faruq Sangatta Kutim Wasis Ridwan. (*/bt3)